Home » » Gigabit Passive Optical Network (GPON)

Gigabit Passive Optical Network (GPON)



GPON passive

GPON merupakan teknologi FTTx yang dapat mengirimkan informasi sampai ke pelanggan penggunakan kabel optik. Prinsip kerja dari GPON itu sendiri ketika data atau sinyal dikirimkan dari OLT, maka ada bagian yang bernama splitter yang berfungsi untuk memungkinkan fiber optik tunggal dapat mengirim ke berbagai ONU, untuk ONU sendiri akan memberikan data-data dan sinyal yang diinginkan pelanggan. Pada prinsinya, PON adalah sistem point to multipoint, yang dimana menggunakan splitter sebagai pembagi jaringannya. Arsitektur sistem GPON berdasarkan pada TDM (Time Division Multiplexing) sehingga mendukung layanan T1, E1 dan DS3.

Keunggulan GPON :
Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh teknologi GPON adalah :
  1. Mendukung aplikasi triple play (suara,data, dan video) pada layanan FTTx yang  dilakukan melalui satu core fiber optik.
  2. Dapat membagi bandwidth sampai 32 ONT.
  3. GPON mengurangi penggunaan banyak kabel dan peralatan pada kantor pusat bila dibandingkan dengan arsitektur point to point. Hanya satu port optik di central office (menggantikan multiple port).
  4. Alokasi bandwidth dapat diatur.
  5. Biaya maintanence yang murah karena menggunakan komponen pasif.
  6. Transparan terhadap laju bit dan format data. GPON dapat secara fleksibel mentransferkan informasi dengan laju bit dan format yang berbeda karena setiap laju bit dan format data ditransmisikan melalui panjang gelombang yang berbeda. Laju bit 1.244 Gbit/s untuk upstream dan 2.44 Gbit/s untuk downstream.
  7. Biaya pemasangan, pemeliharaan dan pengembangan lebih effisien. Hal ini dikarenakan arsitektur jaringan GPON lebih sederhana dari pada arsitektur jaringan serat optik konvensional.
Komponen GPON
Konfigurasi network GPON intinya dapat dibagi menjadi 5 bagian :
  •     Network Management System (NMS)
  •     Optical Line Terminal (OLT)
  •     Optical Distribution Cabinet (ODN)
  •     Optical Distribution Pack (ODP)
  •     Optical Network Termination/Unit (ONT).

Written by : Eka Hadiwahyudi - Describe about you

membuka aspek membuat indonesia 100% fiber. tinggalkan dunia telekomunikasi yang lama dan lamban menuju era baru 100% fiber, "komunikasi lancar pekerjaan pun menjadi mudah dengan menggunakan internet berkekuatan hingga lebih dari 100 Mbps.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

1 komentar :