Home » » Fakta Menarik Seputar Perkembangan Internet dan Bisnis

Fakta Menarik Seputar Perkembangan Internet dan Bisnis



Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Dengan mengakses internet seorang pengguna bisa mengakses informasi berupa teks, gambar, dan video dengan sangat cepat dan juga saling terhubung dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

Kebutuhan akan internet di jaman ini merupakan suatu keniscayaan. Arus informasi yang cepat merupakan salah satu alasan kuat orang lebih membutuhkan internet. Segala perangkat elektronik pun dibuat agar bisa terkoneksi dengan internet. Mulai dari perangkat komputer personal, telepon canggih, jam tangan, televisi dan sebagainya.

Pada artikel ini akan diulas mengenai internet dan potensi bisnis yang terkandung didalamnya. Berikut ini beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui seputar perkembangan internet dan bisnis masa kini:

Pertumbuhan Pengguna Internet di Indonesia Sangat Pesat

Jumlah pengguna internet di dunia terus meningkat dari tahun ke tahun. Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet tertinggi di dunia. Berdasarkan laporan tahun 2014, saat ini sudah lebih dari 88 juta penduduk Indonesia yang terhubung dengan internet. Jumlah ini terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jaringan telekomunikasi dan pengguna perangkat smartphone. Seperti kita ketahui, bahwa lima tahun lalu, pemerintah terus menggenjot pemerataan daerah agar terhubung dengan internet melalui program desa berdering. Kini internet di Indonesia semakin maju dengan masuknya jaringan 4G LTE dan perluasan jaringan fiber optik di berbagai daerah.

Pengguna Perangkat Mobile Semakin Meningkat

Jika era awal 2000-an pengguna internet lebih banyak menggunakan perangkat komputer desktop, kini pengguna perangkat mobile semakin meningkat pesat. Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat bahwa pada tahun 2014 akses internet melalui perangkat mobile mencapai 85%, sedangkan tahun sebelumnya tercatat sebessar 65%.

Internet Sebagai Sumber Informasi Pertama

Sebelum seseorang memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa, maka orang tersebut akan menggali referensi dari internet. Menurut hasil survei tahun 2007 oleh comScore, menemukan fakta bahwa 60 persen konsumen menggunakan internet sebagai alat bantu pertama untuk mencari bisnis lokal. Di negara Inggris, sekitar 73 persen responden hasil survei AOL dan Henley Centre, menyatakan bahwa search engine (misal Google) merupakan sumber informasi terpenting guna mencari produk dan jasa ketimbang media elektronik seperti televisi dan media cetak. Saat ini bukan hanya search engine yang diandalkan, melainkan juga sosial media (seperti Facebook, instagram, twitter) yang kehadirannya sangat bermanfaat bagi banyak kalangan.

Bisnis Online dan e-Commerce Semakin Pesat

Besarnya pengguna internet ini merupakan potensi pasar yang tidak bisa diabaikan. Oleh karenanya, potensi yang besar ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Banyak sekali orang yang berlomba-lomba membuat website untuk memasarkan produk dan jasanya di internet. Beragam produk ditawarkan dengan harga bersaing, mulai dari produk rumah tangga, elektronik, makanan, pakaian, otomotif, hingga properti. Maraknya persaingan bisnis internet di Indonesia ditandai dengan hadirnya ratusan start up dan situs-situs besar dari beragam jenis seperti iklan baris, marketplace, forum jual beli, aplikasi android dan lain-lain. Para pemain bisnis internet ini berasal dari kalangan individu dari berbagai latar profesi, termasuk juga para perusahaan besar juga ikut berlomba berjualan online. Para pelaku bisnis internet perlu menguasai strategi khusus untuk meningkatkan omsetnya guna bersaing dengan sesama pelaku bisnis.

Written by : Eka Hadiwahyudi - Describe about you

membuka aspek membuat indonesia 100% fiber. tinggalkan dunia telekomunikasi yang lama dan lamban menuju era baru 100% fiber, "komunikasi lancar pekerjaan pun menjadi mudah dengan menggunakan internet berkekuatan hingga lebih dari 100 Mbps.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::